Melihat Lebih Dekat Fasilitas Software Pengelolaan Kelas Online Gratis Saat Ini

Bagi Anda yang tidak punya waktu atau dana untuk membangun sendiri software untuk ruang kelas pembelajaran online yang Anda selenggarakan, saat ini telah ada sejumlah software aplikasi LMS (Learning Management System) / CMS (Course Management System) / VLE (Virtual Learning Environtment) siap pakai yang tidak berbayar (gratis) dengan kode sumber terbuka (open source). Kelebihan software LMS open source adalah selain gratis juga dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Beberapa hari belakangan ini, saya menyempatkan diri untuk melakukan penelusuran tentang sarana atau fasilitas (feature) yang dimiliki sejumlah software LMS open source.

Berikut adalah ringkasan hasil penelusuran tersebut.

Moodle (http://moodle.org)


Moodle merupakan Course Management System gratis berbasis web yang dapat digunakan oleh para pendidik untuk membuat situs pembelajaran online yang efektif.  Kata Moodle semula merupakan akronim dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Berdasarkan pengalaman penulis, moodle memiliki feature yang sangat lengkap untuk kebutuhan penyelenggaraan pembelajaran, kursus atau kuliah online. Dalam ruang kelas online Moodle, kita dapat membuat kursus berformat topik atau mingguan, menyediakan bahan bacaan multimedia, menyelengarakan diskusi sinkronus dan asinkronus, memberi tugas kepada siswa, serta mengadakan tes atau kuis online.

ATutor (http://atutor.ca)

ATutor juga merupakan LMS open source berbasis web untuk membuat dan menyelenggarakan kursus online. Administrator dapat menginstal dan mengupdate ATutor dengan cepat, membuat tema sesuai kehendak dan menambahkan kegunaannya secara cepat dengan modul-modul yang tersedia. Para pendidik dangan dengan cepat merakit, memaketkan, dan mendistribusikan ulang isi (konten) ruang kelas online, mengimport konten yang telah dipaketkan, serta menyelenggarakan kursus online. Siswa juga dapat dengan mudah belajar di lingkungan pembelajaran yang mudah diakses, disesuaikan dengan kebutuhan, serta dalam lingkunan pembelajaran sosial. Berdasarkan pengamatan penulis, ATutor memilki antarmuka yang ramping dan sederhana dan mudah digunakan oleh penggunanya.

Caroline (http://www.claroline.net/)

Caroline merupakan platform Open Source eLearning dan eWorkingyang memungkkan para guru atau pendidik membuat kursus online dan mengelola aktivitas kolaborasi dan pembelajaran secara efektif di web. Saat ini Caroline telah diterjemahkan ke 35 bahasa dan digunakan oleh sejumlah besar komunitas pengembang dan penggunan kelas online di dunia.  

Omeka (http://omeka.org)

Omeka merupakan platform publikasi berbasis web yang cocok untuk menampilkan format perpustakaan, museum, arsip, koleksi sekolah, atau pameran sekolah. Dengan Omeka, peluncuran pameran online dapat dilakukan semudah meluncurkan sebuah blog. Omeka dirancang untuk memudahkan pengguna fokus pada isi dan interprestasinya. Ia menggunakan pendekatan dan teknologi Web 2.0 untuk menjadikannya sebagai website akademis dengan penekanan pada interaksi dan partisipasi penggunanya.
Fasilitas yang dimiliki Omeka antara lain import dan pertukaran data, dukungan dan input metadata, interaksi pengunjung online dan Web 2.0, menyajikan data dengan kenteks yang berbeda, anotasi dan menampilkan item file, keamanan dan performa situs.

eFront (http://www.efrontlearning.net)

eFront merupakan LMS modern, yang dikemas dengan fungsi-fungsi pokok perusahaan, mulai dari analisis skill-gap dan manajemen merek, hingga laporan yang dibuat sesuai kebutuhan atau permintaan. Fasilitas yang terdapat di eFront antara lain penekanan pada pengalaman pengguna, lingkungan pembelajaran yang menyatu, mesin tes yang baik, sesuai standar dan tersertifikasi, sarana sosial multitude, tambahan laporan dan analisis.

TCExam (http://www.tcexam.org)

TCExam adalah sarana untuk sistem ujian elektronik (atau dikenal sebagai CBA - Computer-Based Assessment, CBT - Computer-Based Testing atau e-exam) yang memungkian para pendidik atau pelatih mengarang, menjadwalkan, menyampaikan, dan melaporkan kuis, tes, atau ujian.
Feature yang dimiliki TCExam antara lain platform independen, kebutuhan hardware murah, internasionalisasi (I18N), kemudahan akses dan penggunaan, import dan eksport data, konten yang kaya, serta tes yang unik.


Melihat Lebih Dekat Fasilitas Software Pengelolaan Kelas Online Gratis Saat Ini Melihat Lebih Dekat Fasilitas Software Pengelolaan Kelas Online Gratis Saat Ini Reviewed by Pak Tri on 9.3.13 Rating: 5

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.