Hukum I Newton


Pernahkah kamu mengalami peristiwa seperti berikut? Ketika kamu berada dalam kendaraan umum yang sedang melaju, tiba-tiba sopir kendaraan umum tersebut mengerem secara mendadak, tubuhmu seolah-olah terdorong ke depan berlawanan arah dengan gaya pengereman kendaraan yang arahnya ke belakang. Hal ini terjadi karena tubuhmu cenderung mempertahankan posisinya yang terus bergerak ke arah depan, namun karena kendaraan direm mengakibatkan ada gaya yang menahan gerak ini sehingga kamu seperti terdorong ke depan. Oleh karena itulah, maka undang-undang lalu lintas mewajibkan pengendara mobil memakai sabuk pengaman untuk menghindari kecelakaan mobil.
Begitu juga ketika kamu berada dalam kendaraan yang diam kemudian tiba-tiba kendaraan tersebut bergerak, tubuhmu akan terasa seperti terdorong ke belakang. Hal ini terjadi karena tubuhmu cenderung mempertahankan posisinya yang diam. Peristiwa ini dijelaskan dalam Hukum I Newton yang dinyatakan sebagai berikut.
Sebuah benda terus dalam keadaan diam atau terus bergerak dengan kelajuan tetap, kecuali jika ada gaya luar yang memaksa benda tersebut mengubah keadaannya.
Secara matematis, Hukum I Newton dinyatakan sebagai berikut.
ΣF = 0 ....... (6.3)
    "Jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan nol maka benda diam akan diam dan benda bergerak tetap bergerak dengan kecepatan tetap"



Hukum I Newton Hukum I Newton Reviewed by Pak Tri on 5.9.13 Rating: 5

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.