Suba Manggala


Suba artinya indah sedang Manggala artinya pemimpin. Subamangga atau biasa disebut cucuk lampah adalah seseorang yang berada pada barisan paling depan ketika sepasang pengantin diiring menuju kepelaminan. Biasanya seorang Subamanggala akan mengiring pengantin dengan sebuah tarian walaupun sifatnya tidaklah wajib.
Aku mulai kegiatan ini karena dulu banyak orang yang mengira aku ini seorang penari. Padahal aku tak pernah belajar menari sama sekali. Setiap aku melihat ada acara pernikahan dengan adat Jawa aku selalu tertarik pada sang subamanggala itu. Aku ingin sekali bisa seperti itu
Berbekal dari keinginan dan dugaan dari teman-temanku bahwa aku penari itulah yang membuat aku ikut sanggar Permadani di Semarang. Ya, jadilah seperti ini. Rasanya bangga mengiring sepasang pengantin ya tengah berbahagia. Kebahagiaan mereka turut pula menjadi kebahagiaanku.
Suba Manggala Suba Manggala Reviewed by Pak Tri on 26.5.11 Rating: 5

1 komentar:

  1. Hallo, salam..

    Mau tanya, apakah cucuik lampah itu hanya untuk iringi pengantin? karena baru-baru ini SUltan HB X mengunjungi Pekanaruy dalam rangka temu kagama, di depan beliau ada seorang penari yang seperti menarikan cucuk lampah ini.

    Trims atas kesediaan berbagi,
    Salam
    _Firsty-

    BalasHapus

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.