BERPIKIRAN BURUK

Sebel, sebel, sebel, pokoknya sebel. Si A ini maunya gimana, sih? Tiap hari kerjanya bikin aku jengkel melulu. Begini bikin  kesal, kalau begitu bikin jengkel, bisa nggak sih bikin senang gitu. Si B juga tiap hari kerjanya juga bikin mangkel. Ada nggak, sih, orang yang bisa bikin aku ini tenang dan tentram. Apa sudah habis stok orang baik di dunia ini?
Begitulah kalau orang selalu berpikiran buruk, tiap hari yang dicari kesalahan orang melulu. Hampir tiada waktu yang tersisa selain mencari-cari kesalahan orang. Kok kayaknya nggak ada ,ya, orang yang baik di dunia ini. Mungkin juga nabi Muhammad juga termasuk kategori orang yang tidak baik kalau dilihat dari kacamata buruk. Sebagaimana orang kafir yang juga melihat nabi Muhammad dari sisi buruknya. Entah dengan sebutan tukang kawinlah, maniac seks atau pedofilia dan sebagainya. Sepintas kayaknya benar, istri nabi Muhammad saja 12 orang.Ada juga istrinya yang masih bau kencur, yaitu Siti Aisyah yang dinikahi pada usia 9 tahun. Tapi kalau dilihat dari sisi baiknya, Beliau pelindung wanita-wanita lemah. Bayangkan sajaUmur Sawda Bint Zam’a dinikahi ketika berumur 65 tahun, tua, miskin dan tidak ada yang  mengurusinya.
Begitulah seharusnya manusia, jangan hanya melihat seseorang dari sisi buruknya saja. Siapa sih manusia di dunia ini yang tidak adanya kurangnya. Siapa sih manusia di dunia ini yang tidak punya kelemahan. Kelemahan atau kekurangan manusia itu justru menjadi penyempurna dari ketidaksempurnaan manusia itu sendiri. Coba bayangkan saja kalau di dunia ini baik semua. Terus bagaimana manusia bisa beribadah. Bukankah menyadarkan manusia dari kesalahan itu ibadah, sedangkan kalau manusia semuanya baik tanpa khilaf gimana kita bisa beribadah.
Berpikiran buruk sebenarnya menunjukkan bahwa diri kita ini adalah orang yang bodoh. Mengapa demikian? Tentu karena kita tak bisa menggunakan akal pikiran kita untuk bernalar dan mencari sisi baik dari banyak keburukan. Jadi janganlah suka mencari-cari terus kesalahan orang dan keburukan orang. Cari terus kebaikan apa yang ada pada seseorang itu untuk kita tiru. Biar kita nantinya juga jadi orang yang baik dan tentu saja jadi orang yang pintar.
BERPIKIRAN BURUK BERPIKIRAN BURUK Reviewed by Pak Tri on 28.9.11 Rating: 5

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.