Mengatasi Kecurangan dengan Quis Maker


Seringkali kita dibuat jengel dengan ulah murid-murid kita. Sering kita jumpai mereka yang malas untuk belajar belajar padahal esok harinya akan ada ulangan/tes. Salah satu sebabnya adalah mereka mengandalkan bisa mencontek saat ulangan atau tinggal menyontoh punya teman saat ulangan. Akibat dari itu ulangan berlangsung dengan gaduh alias tidak tenang dan akibat yang lebih fatal adalah satu kelas nilai ulangannya hancur semua. Mengapa nilai satu kelas bisa hancur semua? Ya, karena pikiran anak-anak sama, besok menyontek atau bisa mencontoh punya teman padahal teman yang diandalkan untuk di contoh pekerjaannya juga tidak belajar. Wow ngeri sekali, ya.
Salah cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan quis yang dibuat oleh Quis Maker http://www.proprofs.com. Mengapa bisa ? Semua soal kita buat di situs tersebut, kemudian quis yang telah kita buat tersebut kita pasang di web kita.
Kita bisa mendapatkan keuntungan dari quis tersebut.
1.      Soal bisa kita tentukan bentuknya, bisa berbentuk pilihan ganda, isian singkat ataupun uraian.
2.      Setiap soal akan bisa kita atur apakah ingin dimunculkan satu persatu atau keseluruhan.
3.      Kalau soal kita munculkan satu persatu kita bisa memilih apakah soal akan dimunculkan secara urut atau secara acak.
4.      Waktu bisa kita setting sehingga tidak memungkinkan kekurangan waktu atau kelebihan waktu.
5.      Kita tidak harus capai-capai mengoreksi pekerjaan anak-anak karena secara otomatis akan dikoreksi langsung oleh komputer sehingga kita tinggal memasukkan hasil pekerjaan anak ke daftar nilai kita.
6.      Anak akan cenderung lebih menyukai pemakaian quis ini karena mereka mengikuti tes sambil bermain internet, pekerjaan mereka terkoreksi langsung sehingga mereka tahu jawaban mereka salah atau benar.Jika jawaban mereka salah, mereka akan mengetahui jawaban yang seharusnya bagaimana?  Mereka langsung mengetahui nilai. Yang lebih menarik mereka akan diberi penghargaan berupa piagam yang hasil jerih payah mereka. Piagam bisa dicetak.
Nah, kalau satu anak menghadapi computer satu, padahal soal muncul secara acak. Jelas mereka tidak akan bisa menyontoh pekerjaan temannya. Soalnya saja beda. Mereka tidak akan sempat menyontek karena setiap soal dibatasi waktunya. Belum sempat membuka contekan soal sudah ganti. Kiranya perlu dicoba juga membuat quis lewat situs ini. Mau coba quisnya, silakan klik di sini.
Mengatasi Kecurangan dengan Quis Maker Mengatasi Kecurangan dengan Quis Maker Reviewed by Pak Tri on 4.9.12 Rating: 5

1 komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.